Cara Mudah Mendesain Taman Sesuai dengan Keinginan

Apakah kamu memiliki rencana untuk mendesain taman menyesuaikan dengan apa yang kamu inginkan? Terkadang jika kita menyerahkan kepada yang ahlinya, tetap saja tidak sesuai dengan apa yang ingin kita buat. Salah satu faktor utamanya adalah karena sketsa desain yang kita buat terkadang kurang dipahami oleh si pembuat taman, jadi ada saja kesalahpahaman yang terjadi.

Untuk itu, saat ini kamu bisa menyederhanakan proses desain itu menjadi lebih mudah, karena ada aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mendesain dengan kualitas tinggi dan juga mudah untuk digunakan. Agar proses menjadi lebih sederhana dan lebih baik, ada pula template yang sudah disiapkan oleh aplikasi tersebut.

Jadi apa yang akan ditampilkan pastinya akan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bagaimanapun, ini tidak akan memakan waktu lama dan hanya akan mengharuskan kamu melakukan beberapa langkah.

Ini adalah beberapa cara untuk kamu mendesain melalui aplikasi atau software desain taman. 

1. Gambar Rencana Taman Anda

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan dengan tepat jenis tata letak yang kamu mau dan sesuaikan dengan cara yang kamu sudah rencanakan. Kamu harus tahu bagaimana cara membangun desain yang sudah kamu siapkan. Selain itu kamu perlu menguasai alat drag-and-drop bahkan kalau kamu tidak memiliki pengalaman menggambar.

2. Banyak Barang Di Perpustakaan

Biasanya akan ada ribuan item yang bisa kamu gunakan di dalam aplikasi edit itu dan bisa menyesuaikan dengan gaya ataupun preferensi kamu. Di aplikasi akan ada elemen seperti halaman rumput, penutup tanah, pohon, semak-semak, tanaman merambat, dan masih banyak elemen lain yang bisa kamu temukan.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan hal lain di taman, seperti adanya teras bata, kayu, dan bahkan efek dek di halaman belakang. Bukan itu saja, kamu juga bisa menentukan warna, lebar, dan juga panjang dari setiap objek yang ingin kamu realisasikan.

3. Jadikan 3D.

Terakhir, ada beberapa aplikasi perencana taman yang bisa menjadikan desain taman kamu 3D. Perencana taman umumnya sangat intuitif dalam melakukan rendering ke bentuk 3D. Setelah kamu menyelesaikan desain 2D, yang bisa kamu lakukan adalah mengonversinya ke dalam bentuk 3D. Setelah itu kamu bisa melihat hasil taman jika direaliasikan ke dalam bentuk 3D. Kini kamu sudah bisa lebih tahu bagaimana kira-kira bentuk taman jika dalam bentuk nyata.

Tujuan dari perencanaan taman ini adalah untuk bisa memberikan kamu visual mengenai apa yang akan dibutuhkan di taman dan juga menghasilkan desain terbaik meski dalam waktu yang singkat.

Nah, itulah tips untuk kamu yang ingin melakukan perencanaan taman namun kerap salah paham dengan pendesain taman kamu.

Updated: Januari 20, 2022 — 4:21 pm